SK Pengukuhan Forum MKF MNI Sumut, Dorong Percepatan Pembangunan Wilayah Sumut

Medan, KOLOMNUSA.COM-Sejumlah Forum yang tergabung dalam Majelis Kehormatan Forum Masyarakat Nusantara Indonesia Wilayah Provinsi Sumatera Utara mendapat SK (Surat Keputusan) Pembentukan dan wewenang dalam menjalankan program-program kegiatan forum masing-masing.

Hadir selaku ketua Majelis Kehormatan Forum Masyarakat Nusantara Indonesia (MKF MNI) Sumut, Taulim P. Matondang, BA. secara simbolis menyerahkan seperangkat map berisi dokumen SK Pengukuhan Forum yang diberikan kepada Ir. Impol Siregar, SH. MH, Forum Bantuan Hukum Arya Satya (FBHAA), Anwar Effendi Siregar, Forum Wartawan Hanukara Aptanta (FWHA), Khairuddin Nasution, Forum Guru Arcarya Aditya (FGAA), M. Syafrin, SE. Forum Pancasila Abimata Wagati (FPAW), Zulkifli Umar, Forum Usahawan Hadimukti Apyudaya (FUHA), Supardi, Forum Komando Operasi Ganesha Aditya (FKOGA), Rosnida Nasution, SPd. Forum Nyi Atwi Ditya (FNAD) dan Prayugi, Forum Mahasiswa Adikara Adinata (FMAA).

Dalam sambutannya Taulim Matondang menginstruksikan kepada seluruh jajaran ketua-ketua Forum MKF MNI untuk bisa bersinergi dalam melakukan fungsi pemberdayaan dan penegakan di masyarakat dalam hal penanganan Pendidikan, Lingkungan dan Kebudayaan. Selain itu menurut dia Sumatera Utara menjadi sangat berwarna dengan adanya forum-forum MKF MNI tersebut, karena yang dilakukan forum-forum merupakan amanat founding Fathers bangsa untuk memajukan khasanah masyarakat di wilayah-wilayah provinsi.

“Perlu dicermati bahwa MKF MNI bermitra kepada pemerintah daerah provinsi, namun sekaligus penyeimbang dalam hal kegiatan pembangunan di masyarakat. Dan MKF MNI adalah masyarakat itu sendiri, karenanya dituntut pro aktif peranannya dalam melakukan program-program pembangunan di wilayah provinsi,” demikian Taulim Matondang dalam orasi penyerahan SK Pengukuhan tersebut.

Menurut Taulim Matondang, Jargon Sumut bermartabat harus benar-benar diimplementasikan secara konkrit di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Maka MKF MNI harus bisa memastikan tidak ada lagi kendala-kendala yang dihadapi mengenai pembangunan di bidang Pendidikan, Lingkungan dan Kebudayaan di Sumut. MKF MNI melalui forum-forumnya mampu mendorong pejabat di daerah untuk bekerja secara maksimal.

“Dan pada perjalananya di lapangan, pihak-pihak atau instansi dan pejabat terkait untuk tidak lagi bekerja main-main. Tunjukkan profesionalitas anda untuk mewujudkan Sumut bermartabat itu, kita melalui forum-forum di MKF MNI secara langsung ataupun tidak menjadi social control bagi pelaksanaan pembangunan daerah,” demikian tegas matondang.

Selain itu, pada loka karya perdana MKF MNI Sumut tersebut, disepakati sejumlah MoU (Memorium of Understanding) untuk kerjasama dan sinergi antar forum yang ada. Hadir sebagai inisiator MoU, Ir. Impol Siregar SH, memastikan program FBHAA MNI menyentuh kepada segala aspek yang berkaitan dengan kinerja seluruh forum di MNI. Selanjutnya Khairuddin Nasution yang juga memastikan FGAA MNI merupakan alat untuk memajukan pendidikan dan intelektualitas seluruh forum di MNI.

Pada kesempatan itu, Taulim Matondang juga memberikan SK Pengukuhan MKF MNI untuk kepengurusan daerah Kabupaten Samosir kepada Edwin Simbolon serta Daerah Kabupaten Dairi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *