Persiapan Bulan Ramadhan 2020

Persiapan Bulan Ramadhan 2020 Kolomnusa.com, Waktu memiliki sifat terus berjalan, jam demi jam terus melaju tanpa seorang pun dapat menghentikannya, dan tidak ada satu orang pun diantara kita yang bisa menghentikan waktu walau hanya sedetik. Ada beberapa persiapan memasuki bulan ramadhan yang harus kita baca-baca sebagai umat muslim, dan dalam Menyambut bulan ramadhan tahun ini kita sebagai umat muslim haruslah memiliki pengetahuan yang lebih agar tidak ada kendala dalam menjalankan Bulan Ramadhan 2020.

Jika di lihat dari dari pencarian google maka bulan ramadhan 2020 jatuh pada tanggal Kamis, 23 April 2020 cek disini

Persiapan Bulan Ramadhan 2020Bagaimana pun keadaan kita, apakah kita siap atau tidak siap, maka bulan Ramadhan pastilah akan datang, dan tentu beruntunglah orang yang sudah mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, karena dengan persiapan tentu saja hasilnya akan lebih baik. Berbicara tentang persiapan, apa yang mesti kita persiapkan untuk menyambut Ramadhan. Berikut beberapa persiapan yang harus kita persiapkan, yaitu:

Persiapan Bulan Ramadhan 2020

1.    Persiapan Ruhiyah (Keimanan)

Persiapan secara keimanan berupa pengendalian diri sejak sekarang untuk tidak melakukan maksiat, seperti menjaga pandangan dan lain-lain. Semoga dengan kebiasaan untuk menahan diri pada bulan Sya’ban, akan memudahkan kita menahan diri di bulan Ramadhan sehingga ibadah shaumnya jadi sempurna.

2.    Persiapan Jasadiyah (Jasmani)

Persiapan fisik bisa dilakukan dengan cara berolah raga secara rutin serta sudah membiasakan diri dengan shaum sunnah.

3.    Persiapan Tsaqafiyah (Keilmuan)

Rasulullah saw, bersabda:”Barangsiapa yang melakukan suatu perbuatan (ibadah) yang bukan urusan (agama/contoh) kami, maka ibadah tersebut tertolak” (HR. Muslim).

4.    Persiapan Maaliyah (harta)

Persiapan harta yang dimaksud bukanlah persiapan harta untuk buka puasa, tetapi adalah untuk sedekah, karena sedekah di bulan Ramadhan akan mendapat ganjaran yang berlipat-lipat.

5. Persiapan Diri

Persiapan diri ini meliputi persiapan fisik dan mental. Agar Anda tidak kaget dengan ritme kegiatan selama bulan puasa yang pastinya berubah dari biasanya, sebelum bulan puasa persiapkan dengan sebaik-baiknya. Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam persiapan ini antara lain:

  1. Biasakan untuk tidur tidak larut dan bangun maksimal satu jam sebelum Subuh sehingga saat puasa tiba, Anda sudah terbiasa bangun untuk makan sahur.
  2. Biasakan untuk shalat berjamaah di masjid, termasuk shalat Subuh. Dengan begitu, selama Ramadhan, kebiasaan shalat berjamaah sudah terbentuk.
  3. Biasakan untuk puasa Senin Kamis. Dengan membiasakan diri berpuasa Senin Kamis, perut Anda tidak akan kaget saat harus berpuasa selama satu bulan penuh.
  4. Biasakan untuk membaca al-Qur’an di beberapa waktu senggang, terutama setelah shalat Subuh dan Maghrib. Kebiasaan seperti ini akan terbawa hingga bulan Ramadhan nanti.
  5. Biasakan untuk mendengarkan tilawah atau musik-musik rohani.
  6. Biasakan untuk selalu bershalawat dan beristighfar.

6. Persiapan Rumah

7. Persiapan Menu Makanan

8. Persiapan untuk Anak

9. Perbaiki kesehatan fisik dan psikis

Semoga ibadah Ramadhan tahun ini lebih baik dengan persiapan yang lebih matang. Amiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *