Peletakan Batu Pertama BPM Kotaku di Barru Sulsel Dihadiri Ketua GPK Sulsel, Komisi V DPR RI dan Bupati Barru

Barru-kolomnusa.com : Ketua Wilayah Gerakan Pemuda Ka’bah Sulawesi Selatan Faizal Salahuddin turun menghadiri peletakan batu pertama bersama bapak Dr. H. Muh. Aras (anggota DPR RI Komisi V) di lokasi peresmian dan sosialisasi massal kegiatan Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Program Kota Tanpa
Kumuh (Kotaku) Kab. Barru Kec. Barru Kel. Mangempang Lingkungan padokko, selasa (04/08/20).

Dia bersama Bupati Barru Suardi Saleh juga bertandang ke lokasi pelaksanaan kegiatan Program Kotaku di lingukungan padongko, Kelurahan mangempang, melakukan langsung peletakan batu pertama untuk program pembangunan saluran drainase baru dan drainase rehab serta ruang terbuka publik (RTP).

Kegiatan kali ini adalah rangkaian eksebisi dan peresmian BPM Program Kotaku Tahun Anggaran 2020. Di acara ini Bupati Barru juga ikut dalam peletakan batu pertama sebagai simbol peresmian kegiatan untuk empat kelurahan penerima BPM.

Dalam sambutan pembukaan, Dr. H. Muh. Aras menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para relawan dan pendamping Program Kotaku. Karena kegiatan yang dilaksanakan oleh Program Kotaku sejalan dengan visi misi Pemerintah Kab. Barru, yakni meningkatkan infrastruktur, transportasi publik, serta lingkungan yang bersih dan sehat.

Peletakan Batu Pertama BPM Kotaku di Barru Sulsel3

“Saat ini kami mendorong agar program program pembangunan dapat terkucur ke Kab. Kelahirannya, memang sedang gencar menata kota supaya menjadi lebih tertata, indah, dan tertib untuk menarik warga luar untuk datang berkunjung ke Kampung Halaman,” ujar Muh. Aras kepada kolomnusa.com.

Selain peletakan batu pertama dan pemberian piagam penghargaaan bagi BKM, Bupati Barru Suardi Saleh juga meresmikan Ruang Terbuka Publik (RTP) di Kelurahan Mingempang. RTP satu ini adalah hasil urunan kolaborasi dana BPM, Cipta Karya kementrian PUPR.

Kegiatan kawasan pemukiman ini sebagai salahsatu kawasan kumuh tercantum dalam SK Bupati dengan jumlah KK 82 dan terdiri dari 358 Jiwa L=181, P=1.177 M, 20 KK MBR. Momentum yang sama pun dijadikan titik tolak pencanangan pilah sampah rumah tangga, hasil kolaborasi antara Program Kotaku dan Cipta Karya
dan pemerintah Kab. Barru melalui tim fasilitator Kotaku.

Berdasarkan data yang ada, total dana BPM yang sudah dikucurkan pemerintah pusat melalui dana Program Kotaku tahun 2020 mencapai sekitaran Rp 2 miliar melalui dana aspirasi Bapak Dr. H. Muh. Aras anggota DPR RI Komisi V untuk dua kelurahan dan 4 kelompok BKM kelurahan yang masuk SK. Ada 2 kelurahan di Kec. Barru Kab. Barru mendapat riuh bahagia dari masyarakat setempat.

Turut Hadir Kepala Balai prasarana dan pemukiman, Satker dan PPK kegiatan ini di bawah naungan kementrian PUPR (CIPTA KARYA) kegiatan ini adah kegitan yang melibatkan langsung masyarakat setempat mulai dari perencanaan, pekerjaan sampai pada tahap pemeliharaan, harapan kita agar masyarakat dapat meningkatkan jiwa kepemilikan terhadap infrastruktur melalui dana aspirasi bapak Dr. H. Muh. Aras.

Peletakan Batu Pertama BPM Kotaku di Barru Sulsel2

Harapan kita kedepan agar bapak H. Aras sebagai wakil rakyat di senayan dapan lebih berbuat untuk masyarakat yang ada di dapilnya agar memperbaiki lebih baik kampung halaman. Langsung di tanggapi oleh bapak Aras bahwa dia akan berjuang semaksimal mungkin di komisi V untuk menarik program program nasional ke Sulawesi Selatan terkhusus di Kab. Barru.

“Sebuah kesyukuran tahun ini ada 3 kegiatan yang kami bawa dari nasional ke Kabupaten demi kemajuan daerah kita bersama” tegas anggota DPR RI komisi V ini.

Selain program kotaku, lanjutnya, ada juga program bedah rumah sebanyak 360 Rumah, dan irigasi, kesemua itu adalah program di bawah naungan komisi V, dan alhamdulillah tahun 2020 ini kabupaten kita mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat.

“Kesemua ini tak terlepas dari kerjasama kita semua baik eksekutif maupun legislatif,” ujar Bupati Barru Ir. Suardi Saleh. (MB-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *