Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi UKM Sumut: Kami dukung Agar KP HMSI Maju dan Jaya

Medan – kolomnusa.com : DPD HMSI tanggal 10 September 2020, dimulai pukul 10.30 WIB di kantor DPD HMSI Sumatera Utara mengadakan kegiatan berupa Penyuluhan-penyuluh-an tentang koperasi untuk pembentukan Koperasi Produsen Hasta Mandiri Sejahtera Indonesia

Acara penyuluhan koperasi ini dipandu oleh Ibu Agustini,S.H.

Sedangkan Ketua Panitia penyuluhan, Bapak Khairuddin ,Nst sekaligus wakil Ketua DPD HMSI Sumut Bidang Ekonomi, Program Kerja,UMKM dan UKM, mengucapkan terima kasih dan selamat datang para Bapak penyuluh koperasi dan sekaligus membacakan syarat- syarat pendirian koperasi untuk lebih dijelaskan oleh Bapak- Bapak penyuluh koperasi dari Dinas Koperasi/ UKM Sumatera Utara.

Peserta yang hadir melebihi dari rencana semula hanya 20 orang ,ternyata pada absensi ada sekitar 35 orang diluar tim penyuluh dari Dinas Koperasi/UKM Sumatra Utara.

Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi UKM Sumut_ Kami dukung Agar KP HMSI Maju dan Jaya2
Tampak peserta penyuluhan Koperasi KP HMSI antusias dalam melakukan dialog

Dalam sambutan dan sekaligus membuka acara penyuluhan Koperasi KP HMSI ini, Ketua DPD HMSI Sumut, Yuri Subandi mengatakan, KP HMSI ini didirikan semata-mata untuk wadah kesejahteraan dan kemakmuran pengurus HMSI sekaligus anggota koperasi, pencinta HMSI ataupun masyarakat luar yang ingin sejahtera di bawah naungan KP HMSI ini.

“Insya Allah Pengurus KP HMSI akan bekerja profesional, transparan, akuntabel dan akan menggunakan sistem pencatatan yang lengkap sesuai dengan undang-undang perkoperasian termasuk memanfaatkan teknologi digital sebagai bentuk kemudahan dan transparansi kegiatannya,” kata Yuri.

Sementara itu, Bapak Drs Unggul Sitanggang,MSi, selaku Kepala bidang Kelembagaan Dinas Koperasi/UKM Sumut didampingi penyuluhnya Bapak Jujur Pardosi, dan Jhon F Lumban Raja menyatakan, “Dinas Koperasi/UKM Sumut siap mendukung guna tercapainya keinginan Koperasi Produsen Hasta Mandiri Sejahtera Indonesia menjadi koperasi yang sehat, unggul, serta didukung pengurus dan managemen perkoperasian yang profesional,akuntabel dan sesuai dengan undang- undang koperasi yang berlaku dewasa ini.”

Lebih lanjut Beliau memaparkan bahwa problem-problem koperasi selama ini seperti pengurus yang tidak profesional, koperasi yang hanya semata-mata mengharap bantuan, pembukuan yang tidak benar, tidak konsistennya laporan yang dibuat baik untuk laporan rapat anggota tahunan maupun laporan berkala ke dinas koperasi.

Itu semua adalah beberapa problem koperasi yang masih ada di tengah masyarakat. Untuk itu Beliau berharap agar KP HMSI bisa belajar dari problem-problem itu sehingga kedepannya menjadi salahsatu koperasi yang sehat, unggul ,dan benar benar mampu mensejahterakan anggotanya.

Dalam paparannya yang lain Beliau mengatakan,” Dulu jaman Pak Harto saya masih camat, saya tahulah bagaimana perkembangan koperasi yang begitu pesat,dan saya yakin KP HMSI tentunya akan berupaya semaksimal mungkin untuk bisa berkembang dengan baik apalagi ada sosok teladan tentang perkoperasian yang menjadi panutan yaitu Almarhum Pak Harto.” Ujarnya penuh semangat.

Sebelumnya, beliau menguraikankan tentang defenisi koperasi, caramendirikannya sehingga bisa dapat badan hukum koperasinya.

Setelah penyuluhan selesai ,diadakan tanya jawab, yang langsung dipandu oleh Ketua OKK ,Bapak H. Edy Taher, kelihatan sekali peserta semangat sekali sehingga dibuat beberapa termin pertanyaan.

Acara penyuluhan koperasi ini setelah acara doa ,ditutup oleh Ketua DPD HMSI Sumut,Bapak Yuri Subandi,” Dengan mengarap Rahmat Allah SWT sambil kita berdoa agar KP HMSI ini maju dan jaya dan dapat mensejahterakan anggotanya.Ujar Beliau sambil menotok mik tiga kali pertanda acara penyuluhan tentang koperasi sudah selesai. (KH)

2 thoughts on “Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi UKM Sumut: Kami dukung Agar KP HMSI Maju dan Jaya

  1. Tks Kolomnusa.com, semoga bapak/ ibu pendiri bersama pengurus dapat menjadikan media inienjadi media online terdepan dimasanya kelak,

    Salam kami
    Dpd hms indonesia
    Sumatera Utara
    (ttd ketua)

    Yuri S.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *