Formulasi Model Pengembangan Infrastruktur Dalam Peningkatan Ekonomi Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara

Formulasi Model Pengembangan Infrastruktur Dalam Peningkatan Ekonomi Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara Oleh DosenFakultas Social Science UNPAB Saimara Sebayang. SE, M.Si (DosenManajemen Fakultas Social Science Universitas Pembangunan Panca Budi).

4 September 2019–Pembangunan daerah bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu pembangunan membutuhkan pendekatan yang tepat, guna menghasilkan pertumbuhan yang disertai pemerataan. Infrastruktur berperan penting dalam peningkatan investasi dan memperluas jangkauan partisipasi masyarakat, serta pemerataan hasil pembangunan. Dengan meningkatnya kebutuhan dalam pembangunan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi telah mengantar pemerintah Indonesia untuk menyediakan kerangka kerja yang lebih baik untuk menarik investasi dan partisipasi swasta di skala yang terukur dalam proyek infrastruktur.

Tim Dosen Prodi manajemen fakultas Social Sciencedan dibantu beberapa mahasiswa manajemen Universitas Pembangunan Panca Budi telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Formulasi Model Pengembangan Infrastruktur dalam Peningkatan Ekonomi Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiran Kabupaten Batu Bara. Tujuan yang ingin di capai pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah memberikan pengarahan serta membuka wawasan dan pola pikir masyarakat Desa Pahlawan tentang pentingnya pengetahuan pembangunan infrastruktur dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Desa Pahlawan Kecamatana Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara dan yang tidak kalah penting adalah melakukan sosialisasi determinan pembangunan ekonomi.Formulasi-Model-Pengembangan-Infrastruktur-Dalam-Peningkatan-Ekonomi-Desa-Pahlawan-Kecamatan-Tanjung-Tiram-Kabupaten-Batu-Bara-Oleh-Dosen-Fakultas-Social-Science-UNPAB-2

Kepala Desa Pahlawan Kecamatana Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara sangat menyambut baik pelaksanaan PKM ini dan sangat mendukung jalannya kegiatan dengan berpatisipasi dalam kegiatan dan memberikan peminjaman aula di desa pahlawan sebagai tempat dilakukannya kegiatan PKM.

Ibu Musdalifa Am. Keb, Sebagai PLT Kepala Desa Pahlawan juga menyampaikan “Pentingnya masyarakat memiliki wawasan pola pikir tentang pentingnya meningkatkan peranserta dalam pembangunan infrstruktur untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat“.
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untukmenambah wawasan dan pengetahuan para aparatur perangkat desa Pahlawan tentang Formulasi Model Pengembangan Infrastrukutur dalam Peningkatan Ekonomi Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara, dimana para aparatur desa ini nantinya akan melakukan sharing pengetahuan dan ilmu yang mereka peroleh kepada masyarakat desa pahlawan.Peserta padaprogram PKM ini adalah para aparatur perangkat desa dan beberapa masyarakat, materi yang diberikan yaitu determinan pembangunan desa. Harapannya PKM ini dapatmembuka wawasan pola pikir masyarakat tentang pentingnya meningkatkan peran serta dalam pembangunan infrstruktur untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat khusunya masyarakat pedesaan.

Saimara Sebayang. SE, M.Simengungkapkan,“Infrastruktur merupakan roda penggerak pertumbuhan ekonomi, infrastruktur dipandang sebagai lokomotif pembangunan nasional dan daerah. Infrastruktur juga berpengaruh penting bagi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia, antara lain dalam peningkatan nilai konsumsi, peningkatan produktivitas tenaga kerja dan akses kepada lapangan kerja, serta peningkatan kemakmuran yang nyata. Selain itu, keberadaan infrastruktur juga sangat diperlukan agar proses pembangunan sumber daya manusia (SDM) di suatu daerah dapat berjalan dengan baik. Proses pembangunan yang disertai dengan perkembangan teknologi yang cepat mengharuskan adanya pendekatan yang benar-benar tepat dalam program pengembangan sumber daya manusia (SDM) ”.

Adapaun tahapan yang dilakukan dari program ini yaitu diawali dengan tahapan pendahuluan dengan mengevaluasi hasil penelitian terdahulu, kemudian pada tahap pelaksanaan yaitu dilaksanakan kegiatan PKM dengan hasil dari penelitian terdahuluyang kemudian menjadi acuan, dilanjutkan dengan tahapan terakhir yaitu menarik kesimpulan serta memberikan hasil yang dicapai dan merekomendasikan kepada pihak-pihak terkait.

Hasil dari kegiatan PKM ini adalah paraaparatur perangkat desa dan beberapa masyarakat desa Pahlawan mendapatkan peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang Formulasi Model Pembangunan Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara, ini ditunjukan dengan konsentrasi dan antusias dengan paparan yang disampaikan. Adanya diskusi tanya jawab menjadi indikator bahwa masyarakat tertarik dengan materi yang disampaikan. Dengan antusiasme tersebut, dapat terlihat bahwa materi yang disampaikan mampu membuka wawasan pola pikir masyarakat tentang pentingnya meningkatkan peran serta dalam pembangunan infrstruktur untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *