Bulan Ramadhan 1441 H Jatuh Pada Tanggal Berapa?

Bulan Ramadhan 1441 H Jatuh Pada Tanggal Berapa?, Kolomnusa.com, Masuknya bulan Ramadhan tidak hanya sebatas mengacu pada kalender Islam yang sudah beredar saat ini di masyarakat, tetapi selalu dilakukan terlebih dahulu perhitungan atau melihat rukyatul hilal guna mengetahui secara pasti yang dilakukan oleh para ahli di bidangnya seperti pihak Kemenag.

Baca Juga : Persiapan Bulan Ramadhan 2020

Jika sudah ditemukan titik hasil maka langsung akan diumumkan bahwa hari tersebut adalah tanggal 1 Ramadhan. Ketelitian dalam Ramadhan memang sangat penting sekali sebab ini berhubungan dengan ibadah wajib tahunan.

Jika di lihat dari dari pencarian google maka bulan ramadhan 2020 jatuh pada tanggal Kamis, 23 April 2020 cek disini

 

Sebenarnya setiap tahun kalender hijriah pasti beredar luas sehingga masyarakat bisa mengetahui kapan awal dari suatu bulan, namun kendati demikian ketika akan menentukan awal bulan Ramadhan sebagian mayoritas Islam akan langsung melakukan penelitian dan penghitungan awal Ramadhan dimulai, biasanya ini dikerjakan langsung oleh para ahli dari Kementerian Agama sebagaimana juga dilakukan ketika akan menentukan jadwal imsak untuk setiap daerahnya.

Ketika menjelang bulan Ramadhan datang, pihak Kemenag akan membentuk tim yang beranggotakan para ahli kemudian tim tersebut disebarkan ke beberapa titik yang telah ditentukan guna memantau hilal.

Kapankan Ramadhan 1441 H atau 2020?

Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam Kalender Islam/Kalender Hijriah. Puasa Ramadhan adalah salah satu dari Lima Rukun Islam dan selama bulan suci ini, Al-Qur’an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad.

Kata ‘Ramadhan’ diserap dari bahasa Arab ‘Ramad/Ramida’ yang berarti panas terik atau kekeringan.

Jadi Bulan Ramadhan 1441 H Jatuh Pada Tanggal? Ramadhan 2020 diperkirakan akan dimulai pada Jumat, 24 April 2020 (mengacu ke Arab Saudi) dan akan berakhir pada Sabtu, 23 Mei 2020. Idul Fitri 2020 diperkirakan akan dirayakan pada hari Ahad, 24 Mei 2020. Ini adalah tanggal tentative atau sementara, karena tanggal mulainya Ramadhan 2020 yang sebenarnya bergantung pada hasil pengamatan bulan.

Sumber : suaramuslim.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *