Aksi Sosial MKFMNI SUMUT: Ke Depan Jangan Lagi Ada Anak2 yang Putus Sekolah

Aksi Sosial yang dilakukan Majelis Kehormatan Forum Masyarakat Nusantara Indonesia (MKF MNI) tersebut, Sabtu (7/12) merupakan rangkaian kegiatan menuju peringatan Hari Nusantara yang jatuh pada tiap 13 Desember setiap tahunnya. Puncak kegiatan Hari Nusantara sendiri akan digelar secara nasional pada 14 Desember yang akan datang di Kota Pariaman Sumbar yang dihadiri oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo.

“Pada Aksi Sosial ini, MKF MNI Prov Sumut melakukan safari solidaritas anak bangsa dengan mengunjungi sejumlah Panti-panti Asuhan kemudian menyampaikan sejumlah bantuan bahan pangan beras. Terutama bagi anak-anak kita yang beragama Nasrani yang sebentar lagi menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2020,” demikian yang dikatakan Ketua MKF MNI SUMUT Taulim P. Matondang BA, di sela-sela kegiatan aksi sosial di Panti Asuhan Anak Emas, Medan Marelan.

Menurut Taulim Matondang, kita sudah selayaknya berorientasi pada mutu dan kualitas SDM generasi mendatang, menyiapkan SDM itu tanpa memandang latarbelakang statusnya untuk mengisi dan berperan dalam kehidupan bernegara yang unggul di masa datang.

Dia juga menyebut kondisi anak-anak yang berada pada pusat-pusat rehabilitasi sosial seperti panti asuhan ini, kondisinya sangat memprihatinkan karena jauh sekali dari perhatian masyarakat dan pihak penyelenggara negara untuk serius menggarap solusi masalah sosial seperti anak terlantar dan ekonomi di bawah kemiskinan.

Pada kesempatan itu pula, rombongan fungsionaris MKF MNI Sumut yang juga dihadiri Sekjen Junaidi, Bendahara Rudi Harianto Manik, SPd. wakil Sekretaris Raja Pillian Lubis, SH. dan Ketua Forum Wartawan Hanukara Aptanta, Anwar Effendi Siregar menyempatkan berkunjung serta memberikan sejumlah bantuan pangan beras kepada Yayasan Panti Asuhan Bani Adam yang berada di jalan Mangaan III Psr 2 no 216 Mabar, Medan Deli.

“Aksi Sosial ini selain memberikan dukungan dan perhatian terhadap kalangan masyarakat yang kurang beruntung, juga adalah sikap dan misi perjuangan dari MKF MNI Sumut untuk terjun langsung di masyarakat memberikan solusi positif yang nyata. Karena kita merupakan sebuah bangsa yang besar mestinya ditopang melalui Pendidikan, Lingkungan dan Kebudayaan masyarakat yang baik, dan itu semua adalah tanggungjawab kita bersama,” ujar Rudi Harianto Manik, SPd. Bendahara MKF MNI Sumut di tengah kesibukannya dalam penyaluran bantuan tersebut.

Rudi juga menyebut bahwa tindakan aksi sosial dalam rangka ikutserta memberikan dukungan dan perhatian kepada masyarakat yang kurang beruntung merupakan bentuk solidaritas akan menciptakan jalinan emosional yang kuat antara anak bangsa, tanpa memperhitungkan status dan latarbelakangnya dan inilah potensi besar bangsa ini menguatkan barisan NKRI dalam tatanan wilayah Nusantara yang luas.

“Komitmen kita jelas, bahwa ke depan kita ingin tidak ada lagi terdengar anak-anak usia wajib belajar yang putus sekolah akibat ketidakadaan biaya. MKF MNI akan hadir di tengah-tengah masyarakat dalam fungsi pemberdayaan dan penegakan serta bersinergi dgn pihak-pihak serta otoritas yang berkompeten akan membentuk kemitraan, selain itu juga melaksanakan sosial kontrol terhadap program-program pemerintah di tingkat masyarakat bawah,” demikian kata Rudi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *